Senin, 19 Mei 2008

Hal-hal yang Menjadi Noktah Hitam di Dalam Hati

· Perilaku batiniah, yaitu iman atau keyakinan seorang hamba yang mengingkari keberadaan Allah dan sifat-sifat-Nya.

· Perilaku syirik atau menyekutukan Allah yaitu seseorang berjalan sepenuh hati menuju suatu kekuasaan selain Allah

· Perilaku ibadah yang menuruti hawa nafsu, yaitu ucapan lidah seseorang dan perjalanan hatinya didalam melakukan pengabdian atau ibadah kepada Allah tidak mengikuti ketentuan syariat.

· Perilaku ibadah yang mengikuti jalur-jalur ilmiah yang menyimpang dari wahyu Allah dan sunnah Rasulullah SAW.

· Perilaku batiniah yang ditetapkan oleh Allah sebagai perilaku dosa besar seperti takabur,ujub, riya, dengki dan membanggakan diri.

· Perilaku lahiriah yang ditetapkan oleh Allah sebagai dosa besar seperti berzina,membunuh dan menzalimi.

· Perilaku lahiriah yang termasuk dosa kecil seperti menggerutu, mencela peristiwa alam, mencela perubahan cuaca, ketika banya hujan mengeluh dan ketika panas pun mengeluh, kurang bersyukur dan penuh keluh kesah.

· Perilaku berlebihan dalam hal-hal yang mubah atau makruh seperti merokok, makan berlebihan, dan memanjakan nafsu makanm dan tidur berlebihan.

· Perilaku lalai atas komitmen yang telah ditetapkan, seperti melalaikan janji antar sesama, melalaikan utang, melalaikan zikir kepada Allah, melalaikan shalat, kurang berbakti kepada orang tua

· Perilaku ijtihad tetapi menyimpang dari tujuannya. Misalnya fatwa MUI tentang bunga bank yang ternyata dikeluarkan untuk mempromosikan Bank Mu’amalat yang seharusnya ditegakkan untuk menegakkan hukum syariat bagi umat islam

Tidak ada komentar: