Sabtu, 31 Mei 2008

Shalat Subuh

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ.

Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.(QS.3:102)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain , dan (peliharalah) hubungan silatur-rahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.(QS.4:1)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,(QS.33:70)

يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعْ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa menta'ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.(QS.33:71)

Sesungguhnya perkataan yang paling benar adalah kitab Allah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad, sejelek-jelek perkara adalah apa yang diada-adakan, setiap yang diada-adakan adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan, setiap kesesatan balasannya api neraka.

Sungguh, menjaga shalat subuh dengan berjama’ah adalah sesuatu yang sulit dan berat bagi jiwa seseorang, kecuali mereka yang hatinya telah tersinari pancaran keimanan dan bersiap diri bertemu dengan Tuhannya. Maka, hal itu tidak akan terasa sulit dan berat baginya, bahkan menjadikan kebahagiaan hati dan penyejuk mata.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',(QS.2:45)

الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلاَقُوا رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

(yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Rabb-nya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.(QS.2:46)

Waktu fajar adalah saat para malaikat turun dengan membawa rahmat, berkah, dan ketenangan. Saat dimana Allah memanggil para manusia bermunajat dan berdiri dihadapan-Nya. Apakah di dunia ini ada sesuatu yang lebih agung dari waktu fajar atau sepadan dengannya? Seandainya pembagian anugerah besar bagi orang yang menunaikan shalat subuh pada waktunya diumumkan, apakah akan ada orang yang terlambat atau tertidur?!

Orang-orang yang meninggalkan shalat dan menyepelekannya, padahal mereka mengaku muslim, adakah sesuatu yang menyedihkan. Umat islam yang tidak melakukan shalat subuh berjama’ah, kalau dikalkulasi mencapai 80% sampai 90% adalah sesuatu yang sangat mengagetkan dan disayangkan.

Sebenarnya apa yang membuat mereka malas untuk melakukan shalat subuh yang paling banyak pahala dan keutamaannya? Apa yang menyibukkan mereka, hingga lalai dari shalat subuh? Tak lain dan tak bukan adalah, begadang malam yang tidak ada kebaikan di dalamnya dan tiada manfaat dibelakangnya. Mereka melalui waktunya dengan menonton film, mendengarkan lagu, menyaksikan teater, sinetron, dan wanita – wanita yang menjajakan goyangannya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

يَا حَسْرَةً عَلَى الْعِبَادِ مَا يَأْتِيهِم مِّن رَّسُولٍ إِلاَّ كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِئُون

Alangkah besarnya penyesalan terhadap hamba-hamba itu, tiada datang seorang rasulpun kepada mereka melainkan mereka selalu memperolok-olokkannya.(QS.36:30)

Para sejarawan mengatakan tentang sebab jatuhnya Negara Islam di Andalusia yang berada dalam pemerintahan islam selama 8 abad, “Jika anda melewati rumah-rumah andalus pada tengah malam, di 4 abad pertama, maka anda akan mendengar suara bacaan Al-Qur’an seperti suara lebah di dalam rumah-rumah. Kemudian setelah selesai abad kebaikan dan ketaatan, malam-malam mereka berubah menjadi pesta nyanyian, alat musik dan arak. Suara dentuman gelas arak, musik dan penyanyi menggantikan suara-suara lantunan Al-Qur’an.

أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ بَدَّلُواْ نِعْمَةَ اللّهِ كُفْرًا وَأَحَلُّواْ قَوْمَهُمْ دَارَ الْبَوَارِ

Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang menukar ni'mat Allah dengan kekafiran dan menjatuhkan kaumnya kelembah kebinasaan?,(QS.14:28)

Mereka telah terkena hukum Allah yang tidak akan pernah menyimpang. Maka hilanglah negeri mereka dan runtuhlah peradaban mereka.

وَمَا كَانَ رَبُّكَ لِيُهْلِكَ الْقُرَى بِظُلْمٍ وَأَهْلُهَا مُصْلِحُونَ

Dan Rabbmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan.(QS.11:117)

Kalau kita merenungi kondisi kita, maka kita akan menemukan bahwa diri kita mengikuti jejak mereka dan berjalan di belakangnya.

1 komentar:

abdryannnaik mengatakan...

Planet Tint® Citizen Eco Drive Titanium Watch - iTanium-Arts
At Planet raft titanium Tint® Citizen Eco Drive Titanium Watch, you're equipped titanium jewelry piercing with a custom design where is titanium found for the latest and polished titanium greatest in craftsmanship. The watch is crafted in how strong is titanium stainless steel and